Langsung ke konten utama

Bukit Paropo dan Bukit Teletubies , Silalahi - Sumatera Utara




Bukit paropo merupakan bukit yang lagi nge-Hits di Sumatera utara. Bukit Paropo demikian sebutannya dikarenakan terletak di desa paropo. Jika kita hendak bepergian ke desa silalahi kita akan melewati desa tongging, desa paropo barulah desa silalahi . Akses jalan menuju Bukit Paropo jika kita dari :
1  
1.  1. Medan – Berastagi – Merek lalu masuk melalui PINTU GERBANG SIPISO-PISO lalu belok ke kiri turun ke bawah ikuti jalan besar desa tongging trus sampai ke Desa Paropo dari kejauhan sebelah kiri terlihatlah beberapa bukit kecil tapi bukit kecil yang yang tanda X , kalo sekarang sih udah ada Pos regisnya sebagai tanda untuk memarkirkan sepeda motor atau mobil sudah tersedia , jadi kita tak perlu bingung lagi mencari lokasinya.]

    2. Siantar – pematang Raya – Seribu dolok – Merek -  Tongging – Desa Paropo


Bukit paropo menjadi salah satu destinasi anak-anak pecinta alam untuk kemping cantik atau sekedar datang untuk bersefie ria, viewnya emang bagus jika lagi cerah2nya. Oh iya, karena sekarang udah dikelola oleh warga setempat jadinya :
  • Biaya masuknya : Rp.15.000/sepeda motor (masuk wisata bukit paropo) hari weekend, kao hari biasa Rp.10.000,-
  • Dari gerbang tongging kita sudah dikenakan biaya Rp.4.000/orang 
  • Fasilitas toilet pun sudah tersedia Rp.2.000



Wisata bukit paropo sangat cocok jika kemping keluarga atau teman2 yang tidak terlalu suka mendaki karna sangat mudah untuk di capai. Disini kita bias memancing jika yang hobi karena sekitaran sini emang sering dijadikan lokasi pemancingan oleh2 warga yang suka memancing. 





Tidak Jauh dari Bukit Paropo, ada satu lagi Bukit TELETUBIES (Bukit Rorema/Lorema) sebelum Tugu silalahi , ada Bukit sebelah kiri jika kita perhatikan dan disebelah kanan ada rumah pertama sebelum jembatan , nah disitu kita bisa memarkirkan kendaraan bayarnya Rp.5.000,-  . Jalan  masuknya dari semak2 yang ada plang tanda hati-hati rawan longsor.

͢͢͢͢͢Nah, dari semak plang tanda longsor ini kita naik ke atas bukit teletubies, ikuti aja jalan setapaknya ke atas trus, view dari atas sungguh memukau apalagi pas cerahy2nya. Belum banyak yang kesini mungkin karena tidak terlalu diperhatikan tanda wisata memasuki bukit ini. Diatas sini tidak terlalu namyak pohon jadi kalo naiknya pas cuaca panas wah siap2 deh kepanasan, dan bawaannya haus muluuuuuu. . .




Bukit ini sekilas kalo kita sudah sampai di puncaknya terlihat mirip seperti SAVANA GUNUNG MERBABU via selo (heheheeh) .  . .




Bukit ini cocok untuk lokasi kemping atau sekedar bersefie ria , namun cukup terbatas areal kempingnya dan fasilitas toilet tidak tersedia diatas. Pemandangan dari atas sangat terlihat jelas desa silalahi yang sungguh memanjakan mata. Sewaktu , beta kesini belum dikelola jadinya gratis heheheeh. . tanpa ada pungutan apa2. Kalo sekarang karena sudah di kelola Cuma beta tidak tau berapa punggutannya untuk parkir sepeda motor.  Untuk treknya cukup mudahlah untuk dijajal , tidak terlalu terjal sehingga tidak menguras tenaga namun hanya sedikit buat ngosh-ngoshan heheh. .







Oh iya. . . .
JANGAN LUPA “ BAWA TURUN SAMPAH” mu yaaaaa. .
Jangan buang sampah sembarangan itu tindakan yang sungguh disayangkan. Sekalipun kita hanya berselfie ria atau kemping cantik tetap ingat bawa turun sampah kita kembali kan gak ada ruginya, mau sekecil apapun itu. . .


Cheers
betasuntea

Komentar

  1. Baru tahu ada Bukit Paropo.
    Seperti pemandangan2 ala Eropa ya...
    Keren banget Indonesiaku!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, cek aja #bukitparopo #paropo di location di IG banyak foto2 yg bagus . Thanks su mampir di beta pu blog hehehe

      Hapus
  2. luar biasa blogmu mbakkkk. seo bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih bg. Pardi. Gak nyangka abg mau singgah di blog beta. Beta su sering liat abg di IG muncul di explore hehehe

      Hapus
    2. Nama ig kamu apa? Biar beta follow. Su saya duga kamu pasti org timur.

      Hapus
    3. @betasuntea bg. . .
      Ahahah itu sudah kaka , sa memang orang timur

      Hapus
  3. Keren.....hari ....kita otw sono...............lets go....plend..

    BalasHapus


  4. Sayang bangets..
    Padhal baru semalam kami sama kawan baru pulang dari silalahi..😦😦

    BalasHapus
  5. Kalau naik bus bisa gak dari medan kalau bisa bus nya apa

    BalasHapus
  6. Ada tempat penginapan ngk yg deket dari paropo nya, hostel atau Hotel gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, kalo sekarang sudah ada beberapa kaka. Ada debang resort dll pokoknya silalahi sudah banyak perubahan

      Hapus
  7. Klau mau kempinv ada penyewaan gk di paropo,, seperti tenda gitu???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada abang. . Booking langsung di tempat atau dari instagram paroponya (penyewaan tenda dan lain2)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gunung barus atau Deleng Barus Tanah Karo, Sumatera utara

images from @himpa_USU Deleng Barus begitulah orang Karo menyebutnya.  Deleng Barus atau gunung barus merupakan salah satu gunung yang jarang Di kunjungi oleh kalangan umum.  Mencapai demikian? Dikarenakan,  masih begitu kuat aura mistis sekitaran gunung barus . Hanya anak-anak MAPALA yang sedang diksar atau yang lagi ekspedisi puncak-puncak tertinggi Di Tanah Karo,  maka pasti Deleng Barus salah satunya. Awalnya Tak pernah terbesit dalam benak beta untuk mendaki gunung barus.  Pernah Ada 13 mahasiswa dari salah satu universitas yang tersesat di gunung barus "baca dari google" . . Pernah sekali beta Dan teman2 beta menghadiri acara Wanita Gunung @wanitagunung (cek on instagram)  salah satu wadah berkumpulnya para wanita2 tangguh yang sharing tentang perjalanan,  pengetahuan Dan tips2 lainnya.  Ada salah satu teman si @barbieofthejungle "Dia pernah mendaki ke gunung barus bersama dua temannya "perempuan " juga,  mereka bertiga modal nekat ya nekat si

Air terjun Binanga Bolon

air terjun binanga bolon Air terjun Binanga Bolon merupakan salah satu tempat wisata alam yang berada Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara yang tidak jauh dari pemukiman penduduk dusun Binanga Bolon, Nagori Purba Pasir, HARANGGAOL. Menuju air terjun binanga bolon ada 2 rute yang bisa kita lalui : 1. Medan - Kabanjahe - Merek- Saribu Dolok - Haranggaol - Desa Nagori purba pasir 2. Siantar -  sebelum Tigaras (simp.GEREJA/Kedai Turnip) belok kanan - Desa Purba Pasir (jembatan kuning) Nah , Pilih belok kanan. klo kekiri bakalan ke tigaras. Kami memilih rute dari haranggaol, soalnya lebih dekat jika kita dari medan daripada muter-muter ke tiga ras, katanya sih lebih dekat kalo dari tiga ras, tapi menurutku sih sama aja. Pulangnya kami baru melewati rute haranggaol tembus tiga ras. . . Baca dari caption yang ditulis di instagram '' KLO KESINI JANGAN LUPA BAWAN BENSIN ECERAN DAN DIHIMBAU sebaiknya UNTUK TIDAK MEMAKAI Motor MATIC"" KARNA jalannya c