Langsung ke konten utama

Untold Story

Tongging merupakan desa kecil yang terletak di lembah tanah karo. kalo ke tongging, udah biasalah ke air terjun sipiso-piso yang terkenal itu :).. Bagi kita yang kawula muda pasti suka nyari-nyari spot kece ahahaha (gak bisa dipungkiri)... Panomara dari penatapan sipiso-piso sungguh mempesona karena dikelilingi dengan perbukitan , lembah, danau toba, persawahan, ladang pertanian . jika kita hendak berwisata ke tongging tak perlu bingung karena banyak pilihan destinasi wisata yang bisa  kita jelajahi sekaligus seperti peribahasa “ sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui” heheeheheh. . . . . .

Berwisata ke air terjun si piso-piso sepertinya sudah terlalu mainstream. Ada terlalu banyak tempat wisata yang bisa kita jelajahi sekaligus apalagi kita naik kendaraan pribadi dan memiliki banyak waktu sehingga bisa singgah kesini dan kesitu hahahaah. . . ada beberapa tempat wisata yang bisa kita pilih :

1.       Air terjun Sipiso-piso
2.       Bukit Sipiso-piso
3.       Air Terjun Sidompak
4.       Sapo Juma Tongging
5.       Villa Armina Tongging
 6.       Desa Sibolangit tongging

Sekitaran tongging ada beberapa spot foto yang bisa kita singgahkan apabila kita melewatnya seperti
1.Spot Foto Bunga Liar

Bagi kita yang sering melewati jalan turun ke tongging bawah,disebelah kiri terlihat tanah lapang yang ada bebatuannya,tumbuh bunga2 liar seperti ini. dulu sih gak terlalu sering diperhatikan tapi semenjak foto ditempat ini di repost jadilah salah satu spot yang kece bahkan ada yang foto prawed disini.

2. Spot air terjun sipiso-piso

Kalo ini udah mainstream, semua pasti pernah berfoto disini ...

Add caption

3. Villa Armina Tongging

Masuk berenang ke villa armina dikenakan biaya Rp.20.000/orang, sebaiknya datang di hari biasa aja karena pada hari libur ramai dan pastinya bakalan sesak-sesakan didalam kolam yang Cuma satu ehheheheh. Villa armina buka setiap hari kok. Untuk kontak personnya , tidak ada lagi kontaknya tersimpan di hape beta. Datang lansung aja ke lokasi ya.... Lokasinya pas belokkan mau dapat desa tongging bawah sebelah kiri ada persimpangan jalan kecil yang rusak bebatuan masuk dari jalan tersebut, ada kok plangnya pas didepan jalan tersebut ya guys.. .

with belle..

4. Sapo Juma Tongging

Sapo juma tongging, mungkin kebanyakan dari kita tidak terlalu banyak yang mengetahuinya. Sapo juma tongging lokasinya emang agak kedalam , dan belum ada plangnya di jalan raya besar. Jika kita search di IG atau Google ada beberapa orang yang memposting blog atau foto2 camping ground mereka di tempat tersebut.

Sejauh yang beta tau ada organizer trip yang sering mengadakan kemping disini. Beta sudah pernah mengunjungi sapo juma sekali itu pun tidak sengaja lewat pas balik dari gabok dan langsung deh jatuh hati sama tempat ini. Taman bunganya indah, memanjakan mata, sayangnya beta tidak masuk kedalam dan bertanya lebih jauh soal sapo juma tongging. Cuma take a picture around garden (karena diizinin sih sama gardenernya) wkwkwk...

5. Desa Sibolangit , Tongging

Eitssss. . ini bukan sibolangit yang di Bandar baru yaaa, tapi desa sibolangit yang ada di tongging. Terdengar asing di telingga waktu pertama kali beta googling, minim info . beta suka googling to find out everything that I didn’t know  mau itu cerita dongeng, nama suatu perkampungan, asal usul marga hadehhh . . hehehehe. .Waktu ke desa sibolangit ini pas beta sama teman beta menuju villa armina tapi pas tiba ditempat villa armina tutup karena baru selesai libur panjang ahhaha. . terus beta ajakin aja teman beta untuk jalan aja trus ngikutin jalan setapak ke atas trus yang bisa ke desa bage simalungun (itu taunya dari kawan) katanya viewnya gak kalah bagus dari arah silalahi, paropo. Jadinya kita singgah ke desa sibolangit, awal masuk perkampungan ini karna penasaran sama pundukkan bukit yang kita liat dari bukit gajah bobok trus ada gereja kecil diatasnya

Nah, kita telusuri dan masuklah ke desa sibolangit pas masuk pintu gerbangnya kecil banget eh disebelah kiri ada makam kecil pas pergi gak ngeh , pas pulang baru sadar kalo di makam tersebut ada miniature kepala ular yang panjang banget keluar dari dalam makam ‘aihhh parnoooooo sepanjang jalan pulang”. Desa sibolangit ini sedikit penduduknya dan rumah-rumahnya tergolong sederhana tak banyak warga yang kami temui selama perjalanan , sampailah di penghujung menuju pundukkan bukit , gereja yang kita liat dari kejauhan . . asli viewnya warbisyak ketjehhhhhh keceeee. . pas cuacanya lagi mendukung banget

Dari foto ini terlihat jelas ada jalan setapak kecil untuk naik ke pundukkan bukit . Cuma karena ada beberapa kuburan diatasnya teman beta parno gak mau keatasnya , yaudah kami sebatas di gereja ini saja menikmati tongging dari sisi yang berbeda. Pengennya kapan2 bisa sampe ke desa bage Cuma katanya jalannya masih bebatuan padahal viewnya bagus. Seandainya saja pemerintah memeratakan  tujuan wisata tidak hanya tongging, silalahi yang diperhatikan melainkan desa2 yang lainnya termasuk desa sibolangit dan sekitarnya pastinya makin maju perekonomiannya.

6. Air Terjun Sidompak

Air terjun sidompak pasti terdengar asing ditelinga kita apalagi para kawula muda yang suka berpetualangan. Dibandingkan air terjun sipiso-sipiso yang sudah terkenal seantero negeri, air terjun sidompak hanya segelintir orang yang mengetahuinya . jika searching di google hanya sedikit informasi yang kita dapatkan . mungkin kalo cari hashtagnya di instagram ada beberapa orang yang sudah pernah kesana belakangan ini dan beta salah satunya but mission uncompleted, coz we have reason to take step back not to continue our journey .

Mungkin karena treknya yang terbilang susah untuk dijangkau makanya kurang terkenal dibanding air terjun sipiso yang akses jalan serta fasilitas lainnya mendukung hanya saja klo untuk kita para kawula muda tapi suka yang beginian, apapun medannya di trabas..hehhe . Dari pinggir jalan sih, dekat dimata jauh kaki, duh makin didekati makin menghilang di balik perbukitan hahahaahah.. . dan kalo beta pribadi, terlalu beresiko untuk kesini . kenapa? Karena jalur pergi dan pulangnya melewati aliran air terjunnya serta bebatuannya gede-gede banget mana beta perhatikan sekeliling banyak longgsongan kayu-kayu besar yang terbawa oleh air , tandanya sering terjadi luapan air dalam jumlah besar (seperti banjir bandang) wah gak kebayang kan jika air sudah terkumpul di atas dan kita lagi menyusuri dibawah tiba2 datang banjir mau kemana lari atau sekedar berpegangan. Jadi sebaiknya bijaklah dalam meng-EXPLORE suatu tempat jika sudah rasa tidak aman untuk dilanjutkan sebaiknya ambil langkah mundur saja, jika tidak mau sesuatu yang buruk menimpa kita.

Ke air terjun sidompak, sebelum penginapan ROMAN SINASI , sebelah kanan ada jalan setapak yang rusak , kita naik ketas ikuti jalannya trus sampai penghujung jalan biasanya ada warga yang meletakkan sepeda motornya disitu titip saja sama warg klo bisa tambahkan kunci pengamannya.

nih jalan masuknya

nah di sekitaran sini nih,parkir motor terakhir. dekat aliran sungai

Trus naik ikuti jalan setapak ntar sampai di ladang terakhir nah dari situ..

Videonya campur...
makin kedalam makin kece aja pemandangannya

Jalan terus sampailah nanti di ladang terakhir, kebetulan kami berjumpa dengan seorang pak.petani yang lagi menyemprot, kami bertanya jalan menuju air terjun sidompak.bapak tersebut mengarahkan kami untuk mengikuti selang biru sepanjang jalan trus ntar menyebrang aliran sungai ikuti saja nanti juga sampai...
pak.petani lagi memberikan arahan
 nah, dari sini kami berjalan trus mengikuti selang biru lalu turun kebawah aliran menyebrang masuk hutan lalu keluar lagi menyusuri aliran sungai.Wah..batu-batunya gede2 banget ...harus turun naik manjat trus pasang-lepas sepatu hahahaahha.....Kita telusuri dan itu matahari lagi panas-panasnya huhhh. .
Mana tambah harus naik turun bebatuan yang gede-gede, dilihat dari treknya sepertinya sehari sebelum kami kesini ada rombongan yang datang,

hari semakin siang, matahari menyengat..

Beta cuma bisa sampai disini saja

Ntah kenapa feelingnya tiba tiba gak enaknya , setelah berdiskusi akhirnya kami memutuskan untuk kembali pulang . Setelah keluar dari perkampungan tersebut menuju jalan utama, kami kaget karna sepanjang jalan bekas hujan besar sedangkan pas kami di daerah air terjun dan desa tersebut tak ada hujan. Wah, syukurlah kami tidak melanjutkan perjalanan gimana kalo tiba tiba airnya meluap dari atas. Pesan beta , bijaklah dalam mengEXPLORE suatu tempat jika tak memungkinkan lagi keadaanya mending mundur. Disini bukan gengsi atau ego  yang harus dituruti melainkan utamakan keselamatan diri.

ini salah satu video dari bg @andisiboro on his Own Youtube channel.mereka nih orang2 yang sehari sebelum kami ke sir terjun sidompak dan berhasil sampe ke air terjun sidompak

Air Terjun Sidompak, Surga Tersembunyi Tongging, Siantar Backpacker and Soda Adventure Siantar by ANDI SIBORO

.https://www.youtube.com/watch?v=5fN0Qp7rNPA

oh iya bonus pulang trekking dari sini, kami makan duriaan :)
asyikkkk......

Cheers...
Betasuntea

1. Kk mau tnya,
    Lokasi spot bunga liar ny ama sapo juma dmn lbh tepat ny kk.
    Trimakash

Balasan
    1. Kak dika Maaf yaa Baru balas
      Spot bunga liar, sepanjang Perjalanan turun menuju tongging bawah kak, Sebelah kanan, perhatikanlah. .
      Klo Sapo juma lebih Mudah masuknya, Masuk gerbang pintu air Terjun sipiso2 , Nah Ntar Sebelah kanan Ada jalan kecil Nah lewat situ kak... Klo lewat jalan lain Ntar bingung

Hapus
  2. Kk mau tnya,
    Lokasi spot bunga liar ny ama sapo juma dmn lbh tepat ny kk.
    Trimakash

Postingan populer dari blog ini

Gunung barus atau Deleng Barus Tanah Karo, Sumatera utara

images from @himpa_USU Deleng Barus begitulah orang Karo menyebutnya.  Deleng Barus atau gunung barus merupakan salah satu gunung yang jarang Di kunjungi oleh kalangan umum.  Mencapai demikian? Dikarenakan,  masih begitu kuat aura mistis sekitaran gunung barus . Hanya anak-anak MAPALA yang sedang diksar atau yang lagi ekspedisi puncak-puncak tertinggi Di Tanah Karo,  maka pasti Deleng Barus salah satunya. Awalnya Tak pernah terbesit dalam benak beta untuk mendaki gunung barus.  Pernah Ada 13 mahasiswa dari salah satu universitas yang tersesat di gunung barus "baca dari google" . . Pernah sekali beta Dan teman2 beta menghadiri acara Wanita Gunung @wanitagunung (cek on instagram)  salah satu wadah berkumpulnya para wanita2 tangguh yang sharing tentang perjalanan,  pengetahuan Dan tips2 lainnya.  Ada salah satu teman si @barbieofthejungle "Dia pernah mendaki ke gunung barus bersama dua temannya "perempuan " juga,  mereka bertiga modal nekat ya nekat si

Bukit Paropo dan Bukit Teletubies , Silalahi - Sumatera Utara

Bukit paropo merupakan bukit yang lagi nge-Hits di Sumatera utara. Bukit Paropo demikian sebutannya dikarenakan terletak di desa paropo. Jika kita hendak bepergian ke desa silalahi kita akan melewati desa tongging, desa paropo barulah desa silalahi . Akses jalan menuju Bukit Paropo jika kita dari : 1   1.  1. Medan – Berastagi – Merek lalu masuk melalui PINTU GERBANG SIPISO-PISO lalu belok ke kiri turun ke bawah ikuti jalan besar desa tongging trus sampai ke Desa Paropo dari kejauhan sebelah kiri terlihatlah beberapa bukit kecil tapi bukit kecil yang yang tanda X , kalo sekarang sih udah ada Pos regisnya sebagai tanda untuk memarkirkan sepeda motor atau mobil sudah tersedia , jadi kita tak perlu bingung lagi mencari lokasinya.]     2. Siantar – pematang Raya – Seribu dolok – Merek -   Tongging – Desa Paropo Bukit paropo menjadi salah satu destinasi anak-anak pecinta alam untuk kemping cantik atau sekedar datang untuk bersefie ria, viewnya emang bagus jika lagi

Air terjun Binanga Bolon

air terjun binanga bolon Air terjun Binanga Bolon merupakan salah satu tempat wisata alam yang berada Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara yang tidak jauh dari pemukiman penduduk dusun Binanga Bolon, Nagori Purba Pasir, HARANGGAOL. Menuju air terjun binanga bolon ada 2 rute yang bisa kita lalui : 1. Medan - Kabanjahe - Merek- Saribu Dolok - Haranggaol - Desa Nagori purba pasir 2. Siantar -  sebelum Tigaras (simp.GEREJA/Kedai Turnip) belok kanan - Desa Purba Pasir (jembatan kuning) Nah , Pilih belok kanan. klo kekiri bakalan ke tigaras. Kami memilih rute dari haranggaol, soalnya lebih dekat jika kita dari medan daripada muter-muter ke tiga ras, katanya sih lebih dekat kalo dari tiga ras, tapi menurutku sih sama aja. Pulangnya kami baru melewati rute haranggaol tembus tiga ras. . . Baca dari caption yang ditulis di instagram '' KLO KESINI JANGAN LUPA BAWAN BENSIN ECERAN DAN DIHIMBAU sebaiknya UNTUK TIDAK MEMAKAI Motor MATIC"" KARNA jalannya c