Langsung ke konten utama

Pendakian Gunung Kerinci 3805 Mdpl

Top Kerinci

Mendaki gunung kerinci sebenarnya tidak terpikir sebelumnya. Berawal dari janji yang kami buat sewaktu menapaki puncak gunung sibuatan pada januari 2014 silam, taon depan kita ke kerinci ya “ujar salah seorang temanku” ya beta menanggapinya dengan “amin” . target awalnya di januari 2015 cuma terkendala sesuatu akhirnya diurungkan lagi niatnya di bulan juli 2015. Suatu ketika teman beta searching harga tiket pesawat dan di bulan maret ada tiket murah medan-padang begitu juga sebaliknya, akhirnya setelah diskusi panjang kami memutuskan untuk booking tiket langsung PP medan-padang-padang-medan pada tanggal 16  – 22 maret 2015(Buat jaga2 mana tau harga tiket berubah) hahhha. . . . .

Dua  minggu sebelum keberangkatan mulai latihan fisik sekalipun belakangan ini sering trekking tapi biar otot otot tidak kaku , karena ini merupakan puncak Gunung aktif tertinggi yang bakalan beta dan teman beta daki. Kita mulai kumpulkan info dari teman-teman yang sudah pernah ke kerinci sebelumnya lalu minta nomor kontak basecamp dan lain sebagainya. Kita juga udah pada ajakin teman yang lainnya, namun mereka merasa itu terlalu mendadak sehingga tak ada yang bisa gabung, yaudah akhirnya kita putuskan untuk berdua saja dari medan (beta percaya pasti bakalan ketemu dengan pendaki2 lain setelah tiba disana) . sebelum hari H mulai susun apa saja yang bakalan kita bawa mulai dari tenda, P3k, baju, bahkan logistik kita persiapkan dengan matang dan rinci. Jam keberangkatannya 12.00 wib s dari medan berate tiba di padang sekitar pukul 14.00wib, sehingga kita masih punya space waktu untuk beristirahat sebelum menuju kersik tuo.

Setibanya di padang,warbisyak cuacanya cerah kemudian  kita naik damri dan turun dipusat kota lalu nunggu trayek yang sudah di booking sehari sebelumnya oleh kita untuk mengantar ke kersik tuo. Jam 18.00 wib kita berangkat dari padang menuju kersik tuo , ajibbb jalannya meliuk liuk serta tanjakkannya curam kalah pokoknya berastagi hahaahahah. . . kiri kanan pemadangannya tebing mana sunsetnya lagi bagus banget sore itu. Dan dengar cerita kalau belakangan ini sering longsor serta hujan “merinding” ihhhh. . .

kita tiba di kersik tuo thu udah kemalaman sekitar pukul 00.00wib diturunkan pas di depan tugu macan kelewatan dari basecamp, eh taunya sama orang basecamp kita dijemput lalu dipersilahkan bersih2, berbincang sebentar dan disuruh istirahat karena besok kita langsung naik. Suasana di basecamp cukup sepi , sama sekali tidak ada pendaki satupun berarti Cuma kami berdua sepasang yang bakalan naik mana tidak ada ranger yang tersedia saat itu (bukan musim pendakian) .
Gunung Kerinci
 Selamat Pagi. . . . .

Keesokan paginya , kita liat dari depan basecamp kerinci yang terlihat megah . kita pun bergegas siap siap (maka, mandi, packing ulang apa yang mau dibawa dan yang bisa di tinggalkan biar tidak terlalu membebani) , jam 09.00wib kita mulai bergegas menuju tugu macan untuk ke R10 ( POS REGISTRASI pendakian) tapi gak sah kalau gak pose ganteng depan tugu macan
Berpose ganteng depan Tugu Macan

Suasananya tentram, sejuk sejauh mata memandang biru,hijau duh kombinasi yang nyegerin mata . . . selain kami berdua tak ada satupun pendaki yang berlalu lalang :’. . . .

Setelah sampai di R10 , pengelola menyambut kami serta ,memberikan arahan mengenai gunung kerinci dan ternyata status kerinci hari itu kami naik lagi siaga level 2 “wow”. . . mereka mengatakan bahwa sebelum kami ada 1 rombongan dari homestay yang sudah terlebih dahulu naik ditemani oleh rangernya, nah kami berdua ini dinegoisasi dengan 1 ranger yang tersisa diatas yang mau turun bawa 2 orang pendaki , dipesan untuk bertemu di shelter 1 dan menggunakan jasa ranger tersebut. Setelah diskusi akhirnya pihak R10 mengijinkan kami untuk mendaki berdua.kami pun pamit dan   diantar sampe ke batas terakhir kendaraan, dari situ kami berjalan kaki sampe depan pintu rimba. Sebelum mendaki kami berdoa , Jam 10.00wib kami mulai berjalan megikuti jalur pendakian. . .
Apa Cuma aku yang mau foto disini? trus kapan kita kemana rame2? ahhaahah. . .

Lalu mulai berjalan pelan tapi pasti, kalo bisa dibilang dan teman teman sebelumnya yang sudah pernah kesini , 11-12 dengan sibuatan dari pintu rimba sampai shelter 1, trus trek akar2 dan lumpur kalo sibuatan sedangkan kerinci trek parit dan terowongannya . Beta berjalan sambil mengamati jejak-jejak sepatu pendaki dan terselip diantaranya seperti jejak itu loh “kucing” gitu. . mau foto tapi teman beta bilang “ah gak ada itu” sudah trus gerak tidak usah dipikirkan. .

Bisa dibilang banyakan foto teman beta dibanding beta wkkwkwkw. . hahahaha  . secara yang jadi dokumentasi beta .
Bangku Panjang (Pos 1)
Setelah 15 menit, sampailah kami di Bangku Panjang dan ketemu sama dua orang bapak pencari burung, kami istirahat sejenak sambil mengobrol .. . lalu lanjut lagiiiiii tiba di batu lumut , dari sini jalannya sudah mulai menanjak. ..
Batu Lumut (Pos 2)

Cuma sekedar ambil napas, minum lanjut lagi. . . hingga ke PONDOK PANORAMA (pos 3) , pihak R10 berpesan untuk tidak berlama-lama disetiap pos karena itu merupakan jalur “sikucing belang” dan handphone tetap aktif sehingga jika status kerinci naik lagi ya kita dihubungi untuk segera turun. Makanya kami berdua hanya, istirahat bentar, minum lanjut lagi. . sampe ke shelter 1. .
Pondok Panorama (POS 3)

Berjalan trus, hingga sudah mau mendekati shelter 1 kami berhenti karena perut pun sudah minta diisi, sambil makan terdengar dari kejauhan suara orang bercakap-cakap, kiraian bakalan ada yang turun , eh ternyata tidak ada, sudah kenyang lanjut lagi ke shelter . ya ampun 5 menit sudah sampai dari tempat kami makan tadi hahaahahah. . pantesan seperti dengar suara orang bercaka-cakap. Kami pun langsung menyapa mereka “LESTARI” mereka pun menyambut baik, sambil bersalam dan bertanya “berdua aja? Iya jawab kami. Ah. . seriusan, dari mana? Medan kami bang, oh horas kata mereka ternyata mereka juga orang medan yang udah peranakkan trus udah lama tinggal dijawa. Setelah mengobrol , mereka pun menawarkan kami untuk bergabung bersama mereka jadi satu team dan akhirnya ranger yang seharusnya membawa kami pun mengijinkan kami untuk gabung bersama mereka. Ada opung sibarani, b.freddy sinaga, bg.satria, pak.berkacamata serta ranger + kami ber-2 jadinya ber-tujuh
shelter 1

b.freddy sinaga (team jakarta) yang lagi mengobrol dengan 2 orang pendaki dari jakarta , yang akan balik turun.

Dari shelter satu kita gerak bersamaan, dan mulai masuk terowongan yang kecil, sempit trus nanjak dari shelter 1 ke shelter 2 itu yang paling lama ( kek dari shelter 3 ke shelter 4, Gunung sibuatan), gak ada habis2nya, sejauh mata memandang mulai kabut turun, pohon tinggi dengan kombinasi lumut itu saja tanjakkannya gak ada habis2nya. . ( dalam hati kapan nyampe yaaa) . . mana hari udah mulai sore. .

Akhirnya berembuk, kita semua putuskan untuk nge-camp semalam di shelter 2 bayangan mengingat kondisi opung dan b.freddy sudah tak memungkinkan untuk melanjutkan pendakian hari itu juga. Selepas pasang tenda, turun hujan syukurlah jadi tidak kebasahan. Keesokan paginya kita bangun, masak kopi/nge-teh , makan skalian sambil menikmati lautan awan serta sekumpulan edelweiss yang terhampar indah didepan mata

Good Morning :)

Suasana pagi disekitaran shelter 2 bayangan. . .
cuacanya cerah. . hari kedua di kerinci :)

Edelweiss yang lagi kuncup2nya

selfie dolo heheheh

Sarapan kita pagi ini Rendang daging + sosis + biar kuat nanjaknya plus sop sayuran yang lupa di foto hahahah

Setelah sudah siap semua, kita mulai bergegas dari shelter 2 bayangan ke shelter 2 menuju shelter 3. Waaah treknya nanjak, masuk terowongan seperti di film the lord of the rings gitu . .
jalur yang sempit gak ada habis2nya, nanjak muluuu, nunduk huhhh

finally, shelter 2
Lanjut lagi

pokoknya yang udah pernah kesini pasti sakitnya thu di dengkul. Habis dagu ketemu dengkul gak ada habis2nya. Kasian banget yang bawa beban berat dan tinggi, bakalan nyangkut-nyangkut hehehehe . ..

noh, harus manjat keatas . paritnya duh dalam + lebar
GAK ada bonus-bonusnya , terowongan, parit lebar kurang lebar gak ada habis2nya. Mana harus manjat2 untuk naik turun biar enak jalannya jadi gak melulu di trek paritnya. .

Bersyukur banget karena cuacanya cerah serasa semesta mendukung, sudah mulai terlihat semakin mendekat shelter 3. . . .

sesampainya di shelter 3 , kita langsung pada pasang tenda, masak, makan sambil mengobrol menikmati lautan awan yang terhampar didepan mata dan kersik tuo yang terlihat jelas dari atas sini.
selfieee

puding oreo + sambal terong teri medan haahah
selfie

terlihat jelas kan kota kersik tuonya dari atas sini. .

mantap djiwa

salah satu sumber mata air di shelter 3 kerinci

suasana sore menjelang malam
Fix, cuma kita ber-7 yang diatas sini. hari semakin malam , terlihat jelas kota kersik tuo dari kejauhan dengan kerlap kerlip lampu , yang beta heran beta seperti mendengar suara alunan keyboard gitu seperti sedang berlangsung pesta "ah masa suara speaker dari bawah bisa terdengar jelas sampai keatas sini? disahutin sama temen beta "eh sudahlah istirahat besok mau summit. . . (teringat, pas nyampe ke shelter 3 pada ngobrol rame2 soal kejadian pendaki hilang dsb ihhh merinding. . . .)

Sekitar pukul 02.00wib kami pun bersiap-siap untuk summit attack sesuai dengan aba-aba dari bpk.ranger. Puji Tuhan semesta mendukung untuk summit . sebelum summit berdoa bersama lalu mulai gerak perlahan sekalian penyesuain suhu tubuh, busyettt dingin banget , masaik the pas di tugu yudha istirahat sebentar pun tehnya cepat banget dingin klo gak segera di minum hahahahaha. . .

Sampailah di TOP nya Sumatera Gunung kerinci yang merupakan puncak berapi tertinggi di Indonesia, so proud, so gratefull and so blessed. . . . at 05.30am  . .
3805mdpl

Detik-detik Sunrise

Finally we're on Top Sumatera

Tampak piramid gunung kerinci

so beautifull
Baru ngeh, klo matahri terbit sempurnanya disini jam 07.00wib, dan itu pas turun sedikit dari puncaknya karena ada rombongan yang baru tiba juga untuk summit.
PERFECT SUNRISE

awesome

Danau Gunung Tujuh tampak dari kejauhan
 Inilah perjalanan terlama, terjauh untuk ngegunung pertama kalinya dan lumayan menguras tenaga heeheh but it’s worth with what we get. . . we get new friends here and so many that I can’t explain further. . . hehehehehe
Thanks God I’m blessed
Pergi pulang aman
Kerinci √√
Mission completed
Total Pengeluaran selama mendaki gunung kerinci
1. Tiket pesawat pergi-pulang 2orang : Rp . 1.250.000,-
2. Biaya naik damri dari rumah ke becak+ bandara : Rp.50.000,-
3. Biaya naik damri dari bandara padang - pusat kota berdua: Rp.44.000,-
4. Biaya naik mobil travel ke kersik tuo berdua pergi-pulang : Rp. 560.000,-
5. Beli tabung gas 2 : Rp.36.000
6. makan 1x diluar selepas turun dari kerinci Rp.50.000
7. makan di homestay Rp.20.000,- sebelu berangkat pulang
karena tidur di basecamp jadi tidak bayar penginapan serta join sama team jakarta jadinya tidak bayar ranger
Cheers
betasuntea

1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

2. Puding Oreo sama teri Medan NY bikin pengen sumpah haha.. oh iya k, tempat camp yang ideal pada
    pendakian gunung kerinci via kersik tuo di shelter BRP yh?

Balasan
    1. Hai bg, salam kenal
      Hahaha. .
      Boleh bg, Ntar via gojek Teri medannya. .
      Enaknya Di shelter 3 bg, krn lebih luas area Nge-campnya .

Hapus
  3. Boleh Minta kontak Basecamp nya kah ?

Balasan
    1. Kak tadi sudah saya kirim via email " ini kontaknya 082378201063 . Pin bbm d21ab9e3 .

Hapus
    2. Namanya bg. Levi yaa kak. .

3. Wah iya makasih ya 😊 baru buka email hehe. Salam kenal

4. Iya kak. Lestari kak.
      Semoga semesta mendukung pendakian kaka yaaaa

Hapus

Postingan populer dari blog ini

Gunung barus atau Deleng Barus Tanah Karo, Sumatera utara

images from @himpa_USU Deleng Barus begitulah orang Karo menyebutnya.  Deleng Barus atau gunung barus merupakan salah satu gunung yang jarang Di kunjungi oleh kalangan umum.  Mencapai demikian? Dikarenakan,  masih begitu kuat aura mistis sekitaran gunung barus . Hanya anak-anak MAPALA yang sedang diksar atau yang lagi ekspedisi puncak-puncak tertinggi Di Tanah Karo,  maka pasti Deleng Barus salah satunya. Awalnya Tak pernah terbesit dalam benak beta untuk mendaki gunung barus.  Pernah Ada 13 mahasiswa dari salah satu universitas yang tersesat di gunung barus "baca dari google" . . Pernah sekali beta Dan teman2 beta menghadiri acara Wanita Gunung @wanitagunung (cek on instagram)  salah satu wadah berkumpulnya para wanita2 tangguh yang sharing tentang perjalanan,  pengetahuan Dan tips2 lainnya.  Ada salah satu teman si @barbieofthejungle "Dia pernah mendaki ke gunung barus bersama dua temannya "perempuan " juga,  mereka bertiga modal nekat ya nekat si

Bukit Paropo dan Bukit Teletubies , Silalahi - Sumatera Utara

Bukit paropo merupakan bukit yang lagi nge-Hits di Sumatera utara. Bukit Paropo demikian sebutannya dikarenakan terletak di desa paropo. Jika kita hendak bepergian ke desa silalahi kita akan melewati desa tongging, desa paropo barulah desa silalahi . Akses jalan menuju Bukit Paropo jika kita dari : 1   1.  1. Medan – Berastagi – Merek lalu masuk melalui PINTU GERBANG SIPISO-PISO lalu belok ke kiri turun ke bawah ikuti jalan besar desa tongging trus sampai ke Desa Paropo dari kejauhan sebelah kiri terlihatlah beberapa bukit kecil tapi bukit kecil yang yang tanda X , kalo sekarang sih udah ada Pos regisnya sebagai tanda untuk memarkirkan sepeda motor atau mobil sudah tersedia , jadi kita tak perlu bingung lagi mencari lokasinya.]     2. Siantar – pematang Raya – Seribu dolok – Merek -   Tongging – Desa Paropo Bukit paropo menjadi salah satu destinasi anak-anak pecinta alam untuk kemping cantik atau sekedar datang untuk bersefie ria, viewnya emang bagus jika lagi

Air terjun Binanga Bolon

air terjun binanga bolon Air terjun Binanga Bolon merupakan salah satu tempat wisata alam yang berada Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara yang tidak jauh dari pemukiman penduduk dusun Binanga Bolon, Nagori Purba Pasir, HARANGGAOL. Menuju air terjun binanga bolon ada 2 rute yang bisa kita lalui : 1. Medan - Kabanjahe - Merek- Saribu Dolok - Haranggaol - Desa Nagori purba pasir 2. Siantar -  sebelum Tigaras (simp.GEREJA/Kedai Turnip) belok kanan - Desa Purba Pasir (jembatan kuning) Nah , Pilih belok kanan. klo kekiri bakalan ke tigaras. Kami memilih rute dari haranggaol, soalnya lebih dekat jika kita dari medan daripada muter-muter ke tiga ras, katanya sih lebih dekat kalo dari tiga ras, tapi menurutku sih sama aja. Pulangnya kami baru melewati rute haranggaol tembus tiga ras. . . Baca dari caption yang ditulis di instagram '' KLO KESINI JANGAN LUPA BAWAN BENSIN ECERAN DAN DIHIMBAU sebaiknya UNTUK TIDAK MEMAKAI Motor MATIC"" KARNA jalannya c